RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK Muhammadiyah I Kota Sukabumi
Mata Pelajaran : Administrasi Transaksi
Standar Kompetensi : Melaksanakan Proses Administrasi Transaksi
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan transaksi
KKM : 70
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan Ke : 11-18
Tahun Pelajaran : 2010 / 2011
Alokasi Waktu : 18 X 45 menit
Kode Kompetensi : 121 KK 5
Indikator : Transaksi dicatat dengan benar ke dalam siklus akuntansi perusahaan dagang dalam bentuk jurnal umum
A. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat mecatat transaksi dengan benar ke dalam siklus akuntansi perusahaan dagang dalam bentuk jurnal umum.
B. Materi Ajar / Materi Pokok :
a. Transaksi
b. Alur transaksi
c. Jurnal umum
C. Metode Pembelajaran :
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Praktek
D. Alat/ Bahan/Sumber Pembelajaran
a. Sumber Pembelajaran
· Buku administrasi transaksi
b. Alat/Bahan
· Kalkulator
· Format jurnal umum
E. Langkah-langkah Pembelajaran :
· Kegiat an Awal (15 menit)
- Menyiapkan peserta didik (Mengucapkan salam, berdoa, mengabsen, mengatur tempat duduk dan membentuk kelompok menjadi 10 klp siswa)
- Melakukan Apersepsi mengenai Mendeskripsikan transaksi.
- Menjelaskan tujuan pembelajaran Mendeskripsikan transaksi.
- Menyampaikan cakupan materi pembelajaran Mendeskripsikan transaksi.
· Kegiatan Inti Pertemuan ke 11 (60 menit)
- Masing-masing siswa ditugaskan untuk mencari informasi tentang transaksi
- Setiap kelompok berdiskusi, untuk menguatkan pemahaman materi berbagai transaksi.
- Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok diajak untuk mengemukakan hasil kajiannya.
- Guru memberikan LKS untuk dikerjakan oleh masing-masing siswa
- Guru mengatur masing-masing siswa untuk memeriksa LKS yang dikerjakan oleh siswa lainnya dan hasilnya dilaporkan kepada guru
· Kegiatan Inti Pertemuan ke 12-14 (60 menit)
- Masing-masing siswa ditugaskan untuk mencari informasi tentang jurnal umum.
- Setiap kelompok berdiskusi, untuk menguatkan pemahaman materi jurnal umum.
- Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok diajak untuk mengemukakan hasil kajiannya.
- Guru menjelaskan dan memberi contoh jurnal umum.
- Guru memberikan LKS untuk dikerjakan oleh masing-masing siswa.
- Guru mengatur masing-masing siswa untuk memeriksa LKS yang dikerjakan oleh siswa lainnya dan hasilnya dilaporkan kepada guru.
· Kegiatan Inti Pertemuan ke 15-18 (60 menit)
- Setiap kelompok diberi tugas untuk melakukan studi kasus pada sebuah perusahaan kecil mengenai jurnal umum atas transaksi yang terjadi pada perusahaan tersebut selama satu bulan tertentu dan dibuat portofolio.
- Setiap kelompok menelaah setiap data yang diperoleh dan menyusun jurnal umumnya kemudian menyerahkan hasilnya kepada guru.
- Guru memberikan penguatan dan penilaian.
· Kegiatan Akhir (15menit)
- Kesimpulan/ dan refleksi
- Menyampaikan hasil penilaian proses dan penilaian tes tertulis (LKS)
- Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
- Merencanakan tindak lanjut pembelajaran (Remedial dan pengayaan dengan pemberian tugas terstruktur)
- Pemberian tugas non struktur dilaksanakan dengan penugasan kelompok untuk materi lanjutan
F. Penilaian
- Tes praktek
a. Instrumen Tes praktek
terlampir
b. Format Performance Test
Nontes berupa lembar penilaian observasi perilaku siswa dalam pelaksanaan diskusi.
c. Kunci Jawaban tes praktek
terlampir
Skor :
Setiap soal yang dijawab benar
Nilai = jumlah skor x skor
Nilai tertinggi = 100
Kriteria Penilaian :
Penilaian Acuan Patokan. Yang dinyatakan lulus adalah yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) = 70
Mengetahui, Sukabumi, Juni 2010
Kepala Sekolah GuruMP/Standar Kompetensi
Drs. Nanang Chaerul Anwar, M.Pd. Endah Fardiah, S.Pd.
NIP 19600401 198603 1 017 NUPTK 0646751652200022