Selasa, 25 Oktober 2011

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                                          :     SMK Muhammadiyah I Kota Sukabumi
Mata Pelajaran                               :     Administrasi Transaksi
Standar Kompetensi                      :     Melaksanakan Proses Administrasi Transaksi
Kompetensi Dasar                          :     Mendeskripsikan transaksi  
KKM                                              :     70
Kelas / Semester                             :    X / 1
Pertemuan Ke                                :     11-18
Tahun Pelajaran                              :     2010 / 2011
Alokasi Waktu                               :     18 X 45 menit
Kode Kompetensi                          :     121 KK 5
Indikator                                        :     Transaksi dicatat dengan benar ke dalam siklus akuntansi perusahaan dagang dalam bentuk jurnal umum

A.    Tujuan Pembelajaran  :
Siswa dapat mecatat transaksi dengan benar ke dalam siklus akuntansi perusahaan dagang dalam bentuk jurnal umum.

B.     Materi Ajar / Materi Pokok  :
a.      Transaksi
b.     Alur transaksi
c.      Jurnal umum

C.    Metode Pembelajaran  :
1.    Ceramah
2.    Diskusi
3.    Penugasan
4.    Praktek
D.    Alat/ Bahan/Sumber Pembelajaran
a.     Sumber Pembelajaran
·        Buku administrasi transaksi
b.     Alat/Bahan
·        Kalkulator
·        Format jurnal umum

E.     Langkah-langkah Pembelajaran  :
·        Kegiat an Awal (15 menit)
-       Menyiapkan peserta didik (Mengucapkan salam, berdoa, mengabsen, mengatur tempat duduk dan membentuk kelompok menjadi 10 klp siswa)
-       Melakukan Apersepsi mengenai Mendeskripsikan transaksi.
-       Menjelaskan tujuan pembelajaran Mendeskripsikan transaksi.
-       Menyampaikan cakupan materi pembelajaran Mendeskripsikan transaksi.
·        Kegiatan Inti Pertemuan ke 11 (60 menit)
-       Masing-masing siswa ditugaskan untuk mencari informasi tentang transaksi
-       Setiap kelompok berdiskusi, untuk menguatkan pemahaman materi berbagai  transaksi.
-       Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok diajak untuk mengemukakan hasil kajiannya.
-       Guru memberikan LKS untuk dikerjakan oleh masing-masing siswa
-       Guru mengatur masing-masing siswa untuk memeriksa LKS yang dikerjakan oleh siswa lainnya dan hasilnya dilaporkan kepada guru
·        Kegiatan Inti Pertemuan ke 12-14 (60 menit)
-       Masing-masing siswa ditugaskan untuk mencari informasi tentang jurnal umum.
-       Setiap kelompok berdiskusi, untuk menguatkan pemahaman materi jurnal umum.
-       Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok diajak untuk mengemukakan hasil kajiannya.
-       Guru menjelaskan dan memberi contoh jurnal umum.
-       Guru memberikan LKS untuk dikerjakan oleh masing-masing siswa.
-       Guru mengatur masing-masing siswa untuk memeriksa LKS yang dikerjakan oleh siswa lainnya dan hasilnya dilaporkan kepada guru.
·        Kegiatan Inti Pertemuan ke 15-18 (60 menit)
-       Setiap kelompok diberi tugas untuk melakukan studi kasus pada sebuah perusahaan kecil  mengenai jurnal umum atas transaksi yang terjadi pada perusahaan tersebut selama satu bulan tertentu dan dibuat portofolio.
-       Setiap kelompok menelaah setiap data yang diperoleh dan menyusun jurnal umumnya kemudian menyerahkan hasilnya kepada guru.
-       Guru memberikan penguatan dan penilaian.
·        Kegiatan Akhir (15menit)
-       Kesimpulan/ dan refleksi
-       Menyampaikan hasil penilaian proses dan penilaian tes tertulis (LKS)
-       Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
-       Merencanakan tindak lanjut pembelajaran (Remedial dan pengayaan dengan pemberian tugas terstruktur)
-       Pemberian tugas non struktur dilaksanakan dengan penugasan kelompok untuk materi lanjutan
F.     Penilaian
-         Tes praktek
a.         Instrumen Tes praktek
       terlampir
b.         Format Performance Test
Nontes berupa lembar penilaian observasi perilaku siswa dalam pelaksanaan diskusi.
c.         Kunci Jawaban tes praktek
terlampir



Skor :
Setiap soal yang dijawab benar
Nilai = jumlah skor x skor
Nilai tertinggi = 100

Kriteria Penilaian :
Penilaian Acuan Patokan. Yang dinyatakan lulus adalah yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal  (KKM) = 70


Mengetahui,                                                                Sukabumi, Juni  2010
Kepala Sekolah                                                           GuruMP/Standar Kompetensi



Drs. Nanang Chaerul Anwar, M.Pd.                          Endah Fardiah, S.Pd.
NIP 19600401 198603 1 017                                     NUPTK 0646751652200022 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar